Paving Block - Pengertian dan Jenis-jenisnya

Pengertian Paving block



Sudah sering kita mendengar istilah kata paving block, conblock atau konblok.
Namun apakah kita mengerti apa sebenarnya pengertian dari paving block ?
Paving Block adalah salah satu jenis beton non struktural yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan halaman rumah, carport, jalan, pelataran parkir, trotoar, lingkungan taman, dan keperluan lainnya.
Material beton pracetak yang digunakan ini terbuat dari campuran semen portland dan air serta agregat kasar dan agregat halus sebagai bahan pengisi paving block tersebut.
Agregat ini berapa pasir dan batu pecah.
Paving block secara umum,memiliki 3 (tiga) varian ketebalan produk yaitu ada yang tebal 6 cm dan ketebalan 8 cm hingga paving block tebal 10 cm.
Dan seperti bahan material lainnya, semakin tebal paving maka harga paving pun semakin mahal.
Adapun jenis – jenis paving block yang ingin kami jelaskan secara detail adalah sebagai berikut.

Jenis-jenis Paving Block


1. Paving model Trihex
Model Paving block trihex merupakan type yang rumit, dalam pemasangannya paving type trihek ini hanya bisa dipasang dengan satu pola saja, selain itu pola yang dapat digunakan yaitu dengan pola warna.Karena kerumitan dan keunikannya, tentu saja harga dari jenis paving block ini bisa dikatakan cukup mahal. Namun hasil dan pemandangannya tentu tidak akan mengecewakan anda.

2. Paving Type Bata
Paving type ini paling banyak digunakan oleh para pemborong, kontraktor, dan developer lainnya, karna selain mudah dalam pemasangannya, paving type ini merupakan type yang lebih murah dan praktis. Dan kita pun akan lebih banyak melihat paving block model bata dibanding yang lainnya.

3. Paving Type Cacing
Paving type cacing ini juga termasuk paling banyak penggunaaanya dan banyak juga kita temui di sekitar kita, karena bentuknya yang unik dan menarik. Pola pemasangannya hampir sama dengan pola bata, hanya saja tidak dapat di padukan dengan type lain.

4. Paving Type Exagon Segi Delapan
Model paving block yang ini bisa disebut jenis yang unik. Conblock exagon segi delapan, hampir sama dengan jenis paving block segi enam, hanya saja ada penambahan dua sisi pada paving tersebut, sehingga bentuknya polos hampir terlihat seperti lingkaran. Sehingga orang sering kali mengira bahwa ini adalah paving block dengan bentuk lingkaran.

5. Paving Block Segi Enam
Model paving block Segi Enam, bentuknya segi enam dan melingkar, Ditambah dengan banyaknya pola warna, paving ini bisa menambah nilai seni dalam lingkungan. konblok type ini sering digunakan pada wilayah pemukiman hijau dan lingkungan pertamanan.

6. Paving Topi Uskup
Jenis paving block ini biasanya hanya digunakan sebagai pengunci dibagian sisi pemasangan paving block type bata. Karena penguncian dengan paving dengan topi uskup ini lebih kuat dibandingkan penguncian secara langsung ( tanpa menggunakan topi uskup). Sehingga jenis paving block ini sering digunakan, akan tetapi hanya dengan kuantitas yang sangat kecil.

Demikian artikel tentang jenis paving block ini, semoga kita semua mendapat manfaat dari artikel ini.

#Pengertian Paving Block

#Jenis Paving Block


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Mencari sesuatu ?

Most Reading

Harga Paving Block. Diberdayakan oleh Blogger.